Kamis, 11 Maret 2010

MACAM-MACAM OBAT TRADISIONAL DARI TANAMAN

TANAMAN-TANAMAN
Bisa dibayangkan bagaimana dunia ini kalau tidak ada tanaman, jelas sekali bahwa dunia ini gersang dan tidak ada makluk hidup yang menghuninya.
Mengap demikian?
Karena tanaman atau pohon-pohon dibantu dengan sinar matahari adalah pensuplai kebutuhan oksigen yang dibutuhkan oleh makluk hidup tadi, makluk hidup sangat membutuhkan oksigen untuk bisa bernafas menggerakan jantung yang berfungsi sebagai generator manusia yang memompa darah atau sari-sari makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh manusia.

Dengan melalui proses fotosentesis dari sinar matahari, tanaman menghasilkan oksigen, maka bila kita pada siang hari berada di bawah pohon-pohon, maka akan merasa sejuk dan segar disebabkan oksigen yang ada di sekitar pohon berlimpah, lagi pula masih bersih belum terkena polusi udara seperti bercampur dengan karbondioksida yang nata benenya sebagai racun bagi jantung manusia.

JENIS-JENIS TANAMAN
Di Dunia beribu-ribu macam tanaman tumbuh bahkan tak terhitung jumlahnya, namun dari berbagai tanaman tersebut dapat dikelompokan sebagai berikut:
1, Tanaman berbatang kayu
2. Tanaman tak berbatang kayu
3. Tanaman rumput
dengan pengelompokan tanaman tersebut maka jelas bahwa di pandang dari segi manfaatnya masing masing berbeda-beda.

JENIS TANAMAN BERBATANG KAYU

Tanaman berbatang kayu jelas mempunyai manfaat yang lebih banyak bagi kehidupan manusia, dari segi kayunya dapat dipakai untuk membuat meubel, atau peralatan kebutuhan rumah tangga disamping mendapatkan buah. Contoh: Rambutan, Mangga, Jeruk, Nangka, Jati, Kelapa, Durian dll.

JENIS TANAMAN TAK BERBATANG KAYU

Jenis tanaman tak berbatang kayu ini jumlah banyak, pada umumnya pohon ini sangat memerlukan lebih banyak air dibanding dengan tanaman yang berbatang kayu. Dan bila tersedianya air sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut maka tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Contoh : Pisang, Tebu, Talas dll

JENIS TANAMAN RUMPUT

Tanaman jenis rumput ini pada umumnya daunnya berserat sejajar, dan tak berbatang kayu, atau boleh dibilang tanaman yang tidak berbatang kayu. Karena tidak ada sama sekali kandungan kayu di tanaman ini.

Dari tanaman-tanaman tersebut di atas baik tanaman berbatang kayu maupun tidak berbantang kayu, atau jenis rumput dari segi manfaatnya, ada tanaman yang dapat dipakai untuk pengobatan. Pemakaian tanaman untuk obat ini sebenarnya merupakan warisan dari leluhur kita yang mana pada waktu itu belum ada dokter, rumah sakit.

Orang cenderung menggunakan tanaman sebagai obat, karena mempunyai alasan tertentu disamping biaya maupun kecocokan orang dalam mengkonsumsi tanaman obat ini.

Nah mau tau jenis tanaman yang dapat dipakai sebagai obat jangan tinggal situs ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar