Minggu, 14 Maret 2010

DAUN SIRIH


Daun sirih di masyarakat sudah tidak asing lagi dan pada umumnya telah mengenal daun tersebut, tanaman sirih ini tumbuh menjalar dengan daun berjajar, daun sirih ini ada tiga jenis yaitu daun sirih yang hijau, hitam, dan merah. Daun sirih hitam sangat langka dan tumbuhnya di hutan-hutan, sedangkan sirih merah tergolong langka tapi akhir-akhir ini sudah banyak di budidayakan oleh masyarakat di Indonesia.

Manfaat dari daun sirih ini sebenarnya banyak, ingat bahwa pada jaman nenek-nenek kita pada waktu dulu, kebanyakan mereka mengkonsumsi daun sirih dengan cara di kunyak dan telah terbukti bahwa gigi mereka awet walaupun warna berubah.

Daun sirih mengandung zat yang berfungsi sebagai antibiotik, daun sirih ini banyak digunakan oleh orang yang terkena penyakit asam urat, reumatik dll.

Cara-cara pemanfaatan daun sirih sebagai pengobatan adalah :
Ambil sekitar 30 lembar daun sirih dan bersihkan, rebuslah air separo panci ukuran sedang hingga mendidik, setelah mendidih tuankan air tersebut ke dalam ember ukuran sedang lalu masukan daun sirih tersebut ke dalam ember yang berisi air yang telah didihkan, uap dari air yang bercampur sirih tadi gunakan untuk menguapi bagian tubuh yang sakit. Misal bagian kaki sakit asam urat maka uapilah kaki dengan uap tadi, dengan cara menaruh kaki di atas ember biar kaki terkena uap. Sedangkan fungsi lainnya adalah untuk mengobati sakit gigi, dan mata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar